Kebakaran Hutan, Dompet Dhuafa Riau bagi-bagi Masker di Kepulauan Meranti

SHARE KEBAIKAN INI, YUK!

 Dompet Dhuafa Riau membagikan masker gratis kepada warga Sokop Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti, Sabtu (2/3/2019) pagi. Sebanyak 400 masker dibagikan kepada setiap warga yang melintas di desa Sokop.

Dompet Dhuafa Riau disambut antusias oleh warga. Ratusan masker yang dibagikan pun ludes dalam sekejap.Aksii yang dimulai dari pukul 07.00 itu hanya berlangsung sekitar 2 jam. Munzir dari Dompet Dhuafa Riau yang turut dalam aksi simpati tersebut mengatakan, kegiatan ini kemungkinan akan terus berlanjut hingga kabut asap reda.

Dari pantauan, kondisi kabut asap yang menyelimuti Desa Sokop semakin meningkat dibanding sehari sebelumnya. Abu bekas terbakarnya lahan terlihat sangat jelas jatuh berguguran. Abu tersebut sangat jelas terlihat di kendaraan yang sedang terparkir.

Desa Sokop diguyur abu tipis akibat kebakaran lahan gambut yang terjadi sejak hari Kamis (27/2/2019) yang lalu. Selain itu kabut asap dampak dari kebakaran yang berawal dari Desa Bungur, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti belum diketahui penyebab apinya.

Dompet Dhuafa Riau,  mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

“Dampak dari kebakaran lahan dapat mengganggu masyarakat sekitar, mengingat lokasi kebakaran dekat dengan perumahan warga. Selain itu, asap dari kebakaran lahan juga akan berdampak pada kesehatan masyarakat. Jadi semua akan dirugikan” ujar Munzir.

SHARE KEBAIKAN INI, YUK!

Write a comment